Social Icons

Pages

Friday, January 29, 2010

Who am I?


“Tidak ada sesuatupun yang lebih dekat kepadamu selain dirimu sendiri, jika kau tidak memahami dirimu, bagaimana kau dapat memahami orang lain?

Kau mungkin berkata, “aku memahami diriku”, tetapi kau salah!…Satu-satunya yang kau ketahui tentang dirimu hanyalah penampilan fizikalmu. Satu-satunya yang kau ketahui tentang ‘nafs’mu (jiwa) adalah ketika kau lapar kau makan, ketika kau marah kau berbuat kegemparan. Semua binatang memiliki kesamaan dengan dirimu dalam hal ini.

Kau harus mencari kebenaran di dalam dirimu… Siapa dirimu? Darimana datangnya dirimu dan kemana kau akan pergi? Apa perananmu di dunia ini? Mengapa kau diciptakan? Dimana kebahagiaan sejatimu berada?

Jika kau ingin mengetahui tentang dirimu, kau harus mengetahui bahwa kau diciptakan dari dua hal. Pertama adalah tubuhmu dan penampilan luarmu (zahir) yang dapat kau lihat dengan matamu. Bahagian lainnya adalah jiwamu. Jiwamu adalah bahagian yang tidak mungkin kau lihat tetapi boleh kau ketahui dengan pengetahuanmu yang mendalam.

Kebenaran akan kewujudanmu ada di dalam jiwamu. Hal lainnya hanyalah pengabdi bagi jiwamu.”

- From the book of Imam Al Ghazali “The Alchemy of Happiness”

If you wish to travel far and fast, travel light. Take off all your envies, jealousies, unforgiveness, selfishness, and fears - Glenn Clark

No comments: